Selasa, 25 Juni 2019

Beberapa Tes Alergi Yang Bisa Dilakukan

tes alergi

Alergi yang terjadi dapat dilakukan tes terlebih dahulu untuk memastikannya. Berikut beberapa tes alergi Hampir semua orang sangat tidak ingin anaknya terkena alergi. Karena, alergi yang menyerang cukup merepotkan. Dimana, untuk seumuran anak akan lebih susah untuk melakukan tes dari alerginya. Tes alergi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bahkan, tidak jarang harus menggunakan seluruh cara dari tes alergi. Tentunya, untuk menentukan alergi yang diderita.


Pada seorang anak, penggunaan tes ini memang tidak mudah. Justru, cukup sulit karena banyak dari anak yang cenderung takut saat akan dilakukan tesnya. Tidak jarang, banyak dari mereka yang harus lari dan perlu dilakukan penangkapan terlebih dahulu. Bagi orang tua, beberapa tes tentu sangat diperlukan agar anak tidak terkena alergi yang berbahaya. Berikut beberapa tes alergi yang bisa dilakukan.

Beberapa Tes Alergi Pada Anak

Anda bisa melakukan beberapa tes dibawah ini untuk melakukan cek kondisi berupa alergi apda tubuh. Berikut beberapa tesnya:

Tes Alergi Kontak Kulit

Salah satu alergi yang dapat anda lakukan pengecekan yaitu pada kontak kulit. Masalah ini memang kerap kali terjadi pada anak-anak dan harus dilakukan dengan segera. Tentunya, setiap tes yang diberikan sangatlah berpengaruh untuk kesehatan dari tubuh. Inilah beberapa tes tersebut:

Tes Tempel

Tes yang satu  ini menggunakan kontak berupa bahan kimia. Kemian, dilakukan penempelan bahan kimia pada suatu daerah tertentu pada tubuh. Jika memang terdapat reaksi yang berbeda maka dapat dipastikan bahwa alergi. Namun, jika memang bahan yang diberikan pada tubuh tidak bekerja berarti aman dari alergi.

Tes Tusuk Kulit

Cara ini juga bisa dilakukan dalam melakukan cek terhadap alergi pada anak. Yaitu dengan cara memberikan alergen di daerah pada tubuh. Kemudian, jika memang terdapat alergi maka tubuh anak akan mengeluarkan hal yang berbeda.

Tes Gores

Menarik! Cara yang satu ini digunakan dengan menggoreskan benda timbul di atas kulit sampai adanya tonjolan. Jika memang alergi terhadap goresan, maka hal yang ditimbulkan akan sangat jauh berbeda. Bukan hanya mengenai benjolan saja.

Tes Alergi Provokasi Makanan

Untuk melakukan pengecekan dari alergi terhadap makanan, maka dapat dilakukan percobaan. Yaitu dengan meminta untuk mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Metode ini berguna untuk melakukan eliminasi terhadap makanan yang mungkin saja alergi oleh anak. Namun, pada beberapa kasus tidak ditemukan adanya alergi.

Karena memang masih jarang di usia dini yang alergi terhadap makanan. Mungkin, hanya beberapa orang saja yang mengalami hal tersebut. Atau bahkan jika mengalami juga terdapat obat penanganan yang begitu manjur.  

Tes Darah

Untuk melakukan cek terhadap alergi, bisa menggunakan tes darah. Hal ini sangat membantu untuk melakukan cek alergi yang lebih baik. Karena, memang sampel darah yang didapatkan akan begitu mudah dalam pengecekan. Terutama, di usia anak anak yang masih bersih daerah darahnya.

Tes ini akan memberikan hasil analisa yang cukup baik. Terutama, dari hasil laboratorium yang diberikan juga sangatlah lengkap. Jika terdapat alergi, tentu akan diberikan informasi yang sangat mendalam mengenai hal tersebut. Termasuk dengan jenis alergen yang digunakan dalam percobaannya.

Itulah beberapa tes alergi pada anak yang bisa dilakukan. Tentunya, pilihan tes di atas harus dilakukan dengan benar agar hasilnya terlihat. Namun, pastikan bahwa anak dalam keadaan yang sehat sebelum melakukan tesnya. Semoga bermanfaat!

Foto: Pixabay

1 komentar:

  1. Wah ternyata byk juga macem2 alergi yg bisa menyerang anak, thans for sharing

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak :)