Kamis, 13 Juli 2017

Infeksi Saluran Kemih Rentan Menyerang Perempuan


Saat anak pertama saya baru lahir, seorang tetangga bilang kalau membersihkan organ intim bayi perempuan itu lebih sulit dibanding dengan bayi laki-laki. Padahal, kurang bersihnya organ intim perempuan dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih. Saat itu pula saya tersadarkan bahwa memiliki dan merawat anak perempuan mesti ada penanganan khusus. Begitu pun saat anak-anak perempuan saya memasuki usia kanak-kanak dan remaja. Saya selalu mengingatkan supaya mereka selalu menjaga kebersihan pakaian dalam.
Ketika anak-anak masih bayi, tentu saya sangat memperhatikan kebersihan diapers yang mereka pakai. Begitu volumenya terasa berat, langsung saya ganti. Belum berat juga, kalau sudah dipakai seharian sih ya diganti juga. Soalnya kan khawatir jadi tempat berkembang kuman. Apalagi jika sudah ada pup-nya, jangan sampai deh ditunda lama-lama.
Waktu menginjak masa kanak-kanak, seumuran TK, saya kadang harus cerewet menanyakan ke anak-anak mau buang air kecil atau tidak. Soalnya anak-anak tuh kalau sudah asyik main jadi malas buang air kecil. Mereka menahan air kencing sedapat mungkin sampai akhirnya ada tetesan air kencing yang tidak dapat ditahan membasahi celananya. Dih...padahal itukan jorok. Buat saya, jangankan cairan air kencing, cairan air bekas membersihkan organ intim pun diusahakan jangan sampai membasahi celana dalam. Makanya, saya selalu menyuruh anak-anak mengeringkan dulu organ intim mereka dengan handuk kecil khusus, setelah mereka membasuhnya.
Tidak terasa, anak-anak perempuan saya sekarang sudah menginjak usia remaja. Semuanya sudah rutin mendapat haid. Saya semakin cerewet saja ke mereka soal kebersihan pakaian dalam. Soalnya pakaian dalam yang kotor itu, selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap juga bisa mengundang penyakit seperti keputihan yang tidak normal dan anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih tadi.
Untuk keputihan yang tidak normal biasanya berbau, berwarna dan dapat menimbulkan rasa gatal. Salah satu penyebabnya adalah jamur yang berkembang akibat lembabnya daerah organ intim.
Sedangkan infeksi saluran kemih, bisa timbul karena kurangnya kebersihan organ intim yang disebabkan kurang bersih saat membasuh, air membasuh yang tidak bersih, toilet yang tidak bersih dan sering menahan buang air kecil. Menurut penelitian, 80% kasus infeksi saluran kemih itu memang disebabkan oleh bakteri E-Coli yang menempel pada saluran kemih. Dan parahnya lagi, 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih yang gejala awalnya sering disebut sebagai anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil terus-menerus namun hanya sedikit yang keluar.
Selain itu, gejala yang sering timbul dari infeksi saluran kemih bisa berupa rasa demam, rasa panas saat buang air kecil, hingga keluar darah bersama air kencing. Menurut para penderita infeksi saluran kemih, rasa sakit di bagian kemih saat mereka buang air kecil sungguh sangat menyiksa. Bagi mereka aktivitas buang air kecil menjadi hal yang menakutkan karena rasa sakitnya itu. Oleh karenanya diusahakan deh kita jangan sampai terkena penyakit ini.
Salah satu cara untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit saluran infeksi kemih adalah dengan meminum Prive uri-cran. Prive uri-cran terbuat dari ekstrak cranberry yang bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan dari berbagai gangguan penyakit infeksi saluran kemih.
Menurut penelitian, buah cranberry memiliki kandungan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-Coli pada dinding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama air kencing. Karenanya di Amerika, penanganan infeksi saluran kemih oleh buah cranberry ini sudah biasa digunakan.
Nah, kita tidak perlu repot-repot mencari buah cranberry karena Prive uri-cran dibuat dalam bentuk kapsul dan serbuk. Kalau saya sih lebih suka yang serbuk karena segar diminum dengan air dingin. Jadi, tunggu apalagi. Segera cari Uricran ke apotik terdekat dan pastikan saluran kemih anda sehat selalu.

3 komentar:

  1. Kadang kalau diperjalanan saya suka menahan kencing. Ternyata bahaya banget ya mbak buat kesehatan. Hiks

    BalasHapus
  2. anyang2an emang ga enak ya, untung ada uricran

    BalasHapus
  3. emang susah ya kalo susah kencing gitu. harus segera dikeluarkan

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak :)