Rabu, 09 November 2016

5 Buku Parenting Andalan




Meskipun pandangan terhadap teori otak kanan dan otak kiri pada manusia masih dalam pro-kontra, namun saya meyakini bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan yang berbeda-beda. Sehingga tidak seharusnya orang tua membandingkan kelebihan satu anak dengan anak yang lainnya. Keprihatinan akan perlakuan yang tidak tepat ini mendorong saya untuk menuliskan sebuah artikel berjudul “Menemukan Potensi Anak dari Masalah Anak”.

Adapun buku-buku yang akan saya jadikan referensi sebagai berikut:

1.      Pendidikan Anak dalam Islam (DR. Abdullah Nasihih Ulwan)

Buku ini berisi panduan lengkap tentang pendidikan anak mulai dari persiapan calon orang tuanya hingga metode-metode pendidikan anak dari sudut pandang Agama Islam.

2.      Mendidik Anak Bersama Rasulullah (Muhammad Nur Abdul Hafizh)

Dalam buku ini dibahas lengkap bagaimana Rasulullah memberikan pengajaran tentang cara mendidik anak. Mulai dari Petunjuk Umum Bagi Kedua Orangtua, Perjalanan Anak Dari Kelahiran Hingga Usia Dua Tahun, Pembinaan Kepribadian Anak Sejak Usia Dua Tahun Hingga Mencapai Usia Baligh, Anjuran Bakti Pada Orangtua dan Larangan Mendurhakainya, Seni Mendidik Anak Cara Nabi, hingga Pemberian Peringatan dan Perbaikan Bagi Anak.

3.      Ayah Edy Punya Cerita (Ayah Edy)

Kisah-kisah inspiratif seputar permasalahan anak disajikan Ayah Edy dalam buku ini dengan ringan tapi penuh pelajaran berharga.

4.      Istimewakan Setiap Anak (Irawati Istadi)

Materi-materi psikologi dalam buku ini terasa enak dibaca karena disampaikan melalui beragam contoh yang kerap terjadi sehari-hari dalam dunia anak dan orang tua.

5.      Belajar Di Rumah, Untuk Anak Usia Pra Sekolah (Yani Mulyani dan Julisca Gracinia)

Buku ini berisi panduan praktis bagi para orang tua yang ingin melakukan pendidikan anak pra sekolah di rumah. Bentuk panduannya berupa permainan-permainan sederhana yang dapat mendorong anak meningkatkan keterampilan hidup, kemampuan sensorik, motorik, kognitif dan bahasa.

Mudah-mudahan lima buku tadi dapat mengawal saya dalam menyampaikan apa yang selama ini menjadi pemikiran-pemikiran saya.


8 komentar:

  1. Balasan
    1. Mudah-mudahan saya bisa merealisasikannya, Mba.

      Hapus
  2. Aku punya buku-buku yang nomor 1 dan 4.

    BalasHapus
  3. buku2 yang bagus dan menarik untuk dibaca nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Bermanfaat sekali buat saya.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Saya pengen bisa membuat uraian seperti beliau, Bhai.

      Hapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak :)