Sabtu, 09 Juni 2018

Bakso Kuah So Good Tahu Sumedang


Salah satu hidangan favorit keluarga saya saat berbuka puasa adalah bakso tahu kuah. Kuah supnya begitu gurih di lidah, memuaskan rasa lapar yang mendera sejak siang. Panas kuahnya menghangatkan perut kosong sekaligus menyegarkan, aaahhh....

Nah, kebetulan hari itu Pak Suami baru saja pulang dari Sumedang mengurus beberapa surat property kliennya yang di Jatinangor. Saya langsung dong minta oleh-oleh tahu sumedang. Iya, soalnya saya punya stok Bakso Kuah So Good. Sudah kebayang pasti laku diserbu anak-anak.

Bagi yang berminat mencoba, caranya mudah bangeeet... Dijamin gak ngerepotin emak-emak deh! Ikutin ya langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
  • Tahu Sumedang 10 potong 
  • Bakso Kuah So Good Instan Sapi 1 bungkus 
  • Air 400 ml 
  • Seledri 1 batang 


Cara memasaknya:
  • Rebus air hingga mendidih. 
  • Masukkan 8 butir bakso ke dalam air mendidih selama 4-5 menit. 
  • Sementara itu tuangkan bumbu, bubuk cabai, dan bawang goreng ke dalam mangkuk. 
  • Potong tiap tahu sumedang menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga
  • Tata tahu sumedang di dalam mangkuk bumbu.
  • Tuangkan bakso dan kuah ke dalam mangkuk.
  • Taburkan seledri iris di atasnya.
  • Aduk, hingga aromanya keluar. 


Hmm...bikin ngiler deh haha... Dan benar saja, begitu adzan berbunyi, bakso kuah inilah yang pertama kali diserbu Ade Yahya, anak bungsu saya. Saya baru mau mulai karena minum air hangat dan makan tajil dulu, dia malah sudah ngabisin satu mangkok haha….

Saya memang seorang penyuka bakso. Kalo lagi puyeng mumet apalagi sakit kepala, yang kebayang di kepala itu makan bakso pedas hehe...

Untuk informasi Bunda, Bakso Kuah instan So Good ini merupakan salah satu produk dari PT So Good Food Manufacturing yang telah kita kenal dengan produk chicken nuggetnya. Bakso Kuah So Good terdiri dari beberapa varian. Selain bakso sapi, ada juga bakso ayam dan ikan. Untuk masakan ini saya memilih bakso sapi. Di dalam setiap bungkus Bakso Kuah So Good terdapat 8 butir bakso dengan berat masing-masing 15 gr. Jadi total berat bersihnya 12 gr. Buat saya sih cukup untuk 2 porsi.

Sekarang ayo kita intip komposisi produknya.

Bakso: Daging Sapi (70%), Air, Penstabil Pati, Modifikasi Basa, Bumbu Bakso (mengandung penguat rasa), Penstabil Fosfat.

Bumbu Bakso Kuah: Garam, Gula, Perisa Sapi, Penguat Rasa, Bawang Bombay, Protein Nabati, Daun Bawang, Lada, Glisin, Pewarna Makanan Karamel.

Informasi Nilai Gizi:
  • Takaran Saji: 120 gr
  • Energi Total: 160 kkal
  • Lemak Total: 5 gr / 8 %
  • Protein: 8 gr / 14%
  • Karbohidrat Total: 20 gr / 14%
  • Natrium/Sodim: 650 mg / 28%

*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.

Tapi omong-omong, dari mana sih asal muasal bakso itu? Menurut dari yang saya baca di Wikipedia, istilah bakso berasal dari kata Bak-So, yang dalam Bahasa Hokkien berarti ‘daging giling’. Bakso memang merupakan jenis kuliner yang berasal dari Tionghoa-Indonesia. Namun, karena di Indonesia penduduknya mayoritas muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging sapi, ikan atau ayam.

Dilihat dari cara pembuatannya, bakso pernah lho jadi sorotan. Ada bakso yang adonannya dicampur dengan boraks supaya tepung menjadi lebih kenyal mirip daging dan lebih awet. BPOM telah mengeluarkan peringatan jika boraks terkonsumsi dalam kadar berlebihan, maka dalam kurun 5-10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati.

Waduuh...ngeri amat ya. Maka dari itu, dalam mengkonsumsi bakso ini, meskipun gurih-gurih gimana gitu, kita mesti tetap hati-hati memilih. Paling tidak kita tahu tempat makan bakso kita terpercaya atau produsen pembuat baksonya dijamin mengikuti prosedur kesehatan dan kehalalan. InsyaAllah, aman!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Resep 
Masakan Rumah Khas Ramadhan ala SO GOOD






Minggu, 15 April 2018

5 Minuman Sehat untukmu yang Mendambakan Bentuk Tubuh Idaman


Ingin memiliki tubuh langsing alami tapi masih bingung bagaimana caranya? Gampang kok, jalani program diet, rutin berolahraga dan jaga pola makanmu dengan baik, maka berat badanmu akan turun secara perlahan. Namun selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa mengandalkan beberapa minuman sehat untuk mendukung program dietmu loh. Mau coba? Nah, berikut ini beberapa minuman sehat yang tidak hanya mengenyangkan dan kaya manfaat tapi juga dapat menjadi cara mengecilkan perut secara ampuh.
Teh hijau
Untuk dapat membentuk tubuh agar lebih ideal satu-satunya langkah yang harus kamu lakukan adalah memangkas lemak yang bersarang di dalam tubuhmu dengan rutin berolahraga. Tetapi jika kamu minim waktu untuk berolahraga, kamu juga bisa mengandalkan teh hijau kok. Yah, teh hijau merupakan jenis teh diet yang sudah cukup populer akan khasiatnya dalam menurunkan berat badan dikarenakan teh hijau mengandung zat kimia yang disebut EGCG.
Zat inilah yang mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh sehingga sangat efektif dalam menurunkan kalori di dalam tubuh. Bahkan dengan minum secangkir teh hijau secara teratur, kamu dapat membakar hingga 70 kalori. Selain efektif menurunkan berat badan, teh hijau juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti anti-oksidan yang baik, mencegah radikal bebas, serta mencegah tumbuhnya sel kanker. Kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau kapan saja, baik sebelum tidur maupun menjelang sore hari.
Susu
Mengonsumsi susu di pagi hari dan sesaat sebelum tidur tidak hanya bermanfaat untuk mencegah insomnia tapi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan menurut penelitian, kandungan trytophan dan kalsium pada susu dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Sarapan satu gelas susu dan roti gandum setiap pagi tidak hanya mengenyangkan tapi juga membuatmu jauh lebih berenergi. Selain itu, mengonsumsi susu di pagi hari juga bisa membuatmu lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas.
Teh Chamomile
Selain teh hijau yang dapat membakar lemak kamu juga bisa menggunakan teh chamomile sebagai sarana untuk menurunkan berat badan. Yah, menurut penelitian mengonsumsi teh chamomile sebelum tidur dapat menaikan suhu tubuh sehingga bisa membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain efektif dikonsumsi sebelum tidur, teh ini juga bisa dinikmati setelah makan karena dapat membantu proses pencernaan.
Susu Kedelai
Seperti yang kita tahu kedelai merupakan jenis makanan yang dapat membantu membakar lemak secara maksimal, hal ini dikarenakan kedelai mengandung trytophan dan melatonin. Selain dapat menekan nafsu makan, ternyata mengonsumsi susu kedelai setiap malam sebelum tidur juga bisa memperbaiki kualitas tidurmu. Yuk, rajin-rajin mengonsumsi susu kedelai dan nikmati tubuh idamanmu dalam waktu sekejap.
Perasan Lemon dengan Air Hangat
Minuman diet selanjutnya yang bisa kamu coba adalah perasaan lemon yang dicampurkan dengan air hangat. Metode ini tidak hanya ampuh melunturkan timbunan lemak tapi juga memiliki banyak manfaat di tubuh. Manfaat yang terdapat dalam air ini diantaranya adalah dapat membuang racun dari hati, menstimulasi sistem pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Mengonsumsi perasan lemon setelah makan dapat membantu mendorong sisa-sisa makanan pada usus dan sehingga kamu bisa terhindari dari penumpukan lemak.
Berbagai minuman tersebut mudah dibuat dalam waktu singkat jadi seharusnya kamu bisa lebih rajin mengonsumsinya. Selain itu, dapat dinikmati kapan saja baik ketika sarapan maupun menjelang tidur. Tapi ingat, jangan campurkan gula dan bahan pemanis lainnya ya, karena bisa memicu bertambahnya kalori dan mengakibatkan berat badanmu bertambah. Untuk kamu yang mendambakan tubuh ideal, yuk rajin mengonsumsi minuman diet diatas. Jangan lupa ikuti terus tips diet sehat lainnya untuk memaksimalkan program dietmu ya!! Selamat mencoba!

Minggu, 17 Desember 2017

Lip Cream Wardah untuk Hasil Matte yang Diinginkan


Lipstik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan seorang perempuan. Mau itu berfungsi untuk menjaga kesehatan bibir semacam lip balm hingga untuk penampilan wajah yang lebih menarik. Saya ingat waktu masih gadis, saya hanya berani menggunakan lip balm warna-warna samar semacam peach. Itu pun saya pakai jika pergi main bareng teman. Pas kuliah tetap sama. Beraninya sampai lip balm karena untuk menjaga bibir supaya tidak pecah-pecah. Tinggal di daerah dingin membuat kulit bibir saya terganggu kelembabannya. Apalagi jenis kulit saya memang kering. Akhirnya ya gitu deh, kalau tidak dirawat jadinya bibir pecah-pecah sampai sempat mengeluarkan darah.
Nah, setelah menikah barulah saya berani menggunakan lipstik jenis satin yang banyak digunakan saat itu. Sebetulnya itu lipstik, sisa-sisa acara pernikahan saya sendiri hehe... Iya, berhubung yang meriasnya adik sendiri. Waktu itu, adik saya baru saja selesai mengikuti kursus rias pengantin. Adik belum memiliki peralatan rias secara lengkap, jadi dia menyarankan saya belanja sendiri peralatan riasnya.
Semakin kesini, saya mencoba menggunakan lipstik jenis glossy. Menurut saya, lipstik glossy itu diulas tipis pun coveragenya sudah bagus. Apalagi saya memang tidak suka lipstik yang terlalu tebal. Kalau dioles berulang kali, rasanya bibir tambah maju beberapa mili gitu haha... #lebay. Sebenarnya sih, saya pun jarang menggunakan lipstik. Paling kalau ke acara-acara kondangan atau pas bareng suami saja. Biar wajah gak terlalu pucat dan enak dipandang suami ya, kan. Kalau pun sering beli, itu bukan karena habis. Seringnya karena rusak dimainin si kecil. Itu lipstik kalau sudah diputer-puter, haduuh...langsung hancur deh dalamnya. Herannya kejadiannya selalu berulang, karena saya selalu lupa menyimpan lipstik di tempat yang tidak terjangkau anak.
Nah, bicara soal kekinian nih. Ngobrol-ngobrol dengan emak-emak jaman now, ternyata mereka lebih demen dengan lipstik jenis matte. Saya pun ikut beralih ke lipstik matte karena saat mencoba lipstik warna-warna nude, ternyata untuk jenis satin dan glossy, hasilnya mengecewakan. Untuk lipstik nude jenis satin, coveragenya mengecewakan karena dipoles beberapa kali ke bibir, warnanya tidak muncul. Bibir malah terasa tebal. Sedangkan untuk glossy warna nude, yang keluar malah blin-blinknya, membuat bibir seperti menggunakan lipstik warna silver.

Lantas kenapa lipstik jenis matte ini begitu digandrungi? Ini dia beberapa alasannya:
Lebih Natural
Jika Anda menyukai warna nude, cobalah lipstik matte. Warna-warna natural yang Anda harapkan akan muncul saat lipstik matte mengulas bibir Anda.
Bibir Terlihat Penuh
Bibir akan terlihat penuh karena coverage yang baik dari lipstik matte. Untuk hasil yang lebih sempurna, Anda bisa menggunakan lip liner di tepi bibir Anda. Lip liner akan menyatu dengan lipstik matte sehingga membantu membentuk bibir Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.
Lebih Tahan Lama
Ini dia salah satu kelebihan lipstik matte yang paling menarik banyak perempuan. Lipstik matte tidak mudah luntur. Warnanya akan tetap bertahan bahkan saat setelah makan dan minum. Saya sendiri suka merasa tidak nyaman jika melihat jejak lipstik di tepi gelas yang baru saya gunakan. Atau tanpa sengaja, wajah saya beradu dengan pakaian orang lain saat berdesak-desakan di kondangan sehingga pakaiannya terkena noda lipstik saya. Dengan lipstik matte, kejadian itu bisa dihindarkan.
Nyaman Digunakan
Karena hasil akhirnya kering, maka lipstik matte tidak terasa lengket atau tebal di bibir. Cara menggunakannya pun lebih mudah karena tidak harus touch up berulang-ulang. Selain itu bisa disesuaikan dengan keadaan. Jika Anda butuh penampilan lipstik yang lebih glossy, Anda tinggal menambahkan lipgloss ke atas lipstik matte di bibir Anda.
Untuk lipstik matte yang berkualitas, Anda harus mencoba Lip Cream Wardah. Selain warna pilihannya menarik-menarik, kualitasnya OK, harganya pun pas di kantong. Jika Anda khawatir bibir Anda menjadi kering dengan lipstik matte, maka Anda dapat mengimbanginya dengan rutin menggunakan lip balm di malam hari. Nah, itu pengalaman saya saat menggunakan lipstik. Semoga bermanfaat, ya.